Xiaomi Rilis Mi A3, Ada 3 Kamera Belakang dan Fingerprint di Layar

Xiaomi kembali menghadirkan smartphone terbaru, kali ini Mi A3. Ini merupakan smartphone generasi ketiga di seri Mi A.

Seperti pendahulunya, Mi A3 juga mengandalkan sistem operasi Android murni, yakni Android One, tanpa dibalut antarmuka andalan Xiaomi, MIUI. Dalam program Android One, Google menyediakan dukungan penuh pada sistem operasinya dengan jaminan keamanan dua tahun untuk pembaruan. Di Mi A3, OS yang dipakai adalah Android 9.0 Pie.

© Disediakan oleh PT. Dynamo Media Network

Xiaomi Mi A3 juga dilengkapi layar Super AMOLED berukuran 6,1 inci dengan resolusi 720 x 1560 piksel. Spesifikasi layarnya itu mengalami penurunan dibanding Xiaomi Mi A1 dan A2 yang masing-masing menggunakan layar resolusi 1080p. Meski begitu, Mi A3 diunggulkan pada layar Super AMOLED dan ada sensor fingerprint atau sidik jadi di dalamnya.

Untuk dapur pacunya, Xiaomi menyematkan cip prosesor Qualcomm Snapdragon 665 yang mengalami peningkatan dibanding generasi Snapdragon 660 yang dipakai di Mi A2. Performa Mi A3 didukung dengan RAM 4 GB dan dua pilihan memori internal 64 GB dan 128 GB yang dapat diperluas dengan kartu microSD hingga 256 GB.

Xiaomi Mi A3. Foto: Xiaomi© Disediakan oleh PT. Dynamo Media Network Xiaomi Mi A3. Foto: Xiaomi

Dari segi kamera, Xiaomi Mi A3 mengalami peningkatan dari generasi sebelumnya. Ia dilengkapi tiga kamera belakang dengan resolusi 48 MP, 8 MP ultra wide-angle 118 derajat, dan 2 MP depth sensor. Sementara kamera depannya berukuran 32 MP yang mampu merekam video berkualitas 1080p.

Satu hal lagi yang mengalami peningkatan adalah soal kapasitas baterai yang kini lebih besar yaitu, 4.030 mAh, meningkat dari 3.000 mAh di Mi A2. Pengisian baterainya juga sudah didukung Quick Charge 3 dengan berdaya 18 W.

Menariknya, Xiaomi memutuskan kembali menyematkan jack headphone 3,5 mm di Mi A3, yang dulu sempat ditiadakan di Mi A2. Fitur lain yang dimiliki Mi A3 adalah port USB Type-C, IR blaster, dan Face Unlock.

Xiaomi Mi A3. Foto: Xiaomi© Disediakan oleh PT. Dynamo Media Network Xiaomi Mi A3. Foto: Xiaomi

Bagaimana harganya? Xiaomi Mi A3 dibanderol dengan harga 249 euro atau Rp 3,9 juta untuk penyimpanan 64 GB, sedangkan 279 euro atau Rp 4,3 juta untuk varian memori internal 128 GB. Mi A3 akan dijual pertama kali di Eropa mulai tanggal 24 Juli 2019 mendatang.

Belum diketahui apakah smartphone ini juga akan dijual atau tidak di Indonesia. Namun melihat seri Mi A sebelumnya, ada kemungkinan besar Xiaomi juga bakal membawanya ke Indonesia.

Sumber Link