6 Cara Memanfaatkan Kulit Jeruk – Masak Apa Hari Ini?

Siapa yang suka membuang kulit jeruk? Wajar saja, apalagi kalau sudah selesai kita santap buahnya. Sebetulnya, kita bisa pertimbangkan dahulu pemanfaatannya sebelum dibuang. Tak hanya wanginya menyegarkan, kulit jeruk juga mengandung zat-zat yang bermanfaat – baik untuk dikonsumsi secara langsung atau tidak.

Cara menggunakannya juga bervariasi, mulai dari diparut hingga diolah menjadi serpihan kecil ataupun dikeringkan. Pilihlah jenis jeruk yang berkulit tebal karena lebih mudah untuk diolah. Berikut adalah cara memanfaatkannya yang bisa kamu lakukan di rumah!

1. Menambah rasa segar pada makanan

Orange Cake (Foto: Shutterstock)

Kulit jeruk dapat memperkuat rasa makanan, khususnya untuk kue dengan tema rasa yang menyegarkan seperti orange cake ataupun lemon cake. Parut menjadi serpihan kecil, dan larutkan pada adonan kue. Kamu juga bisa menjadikan orange zest sebagai garnish.

Tak hanya memberikan rasa yang segar, ia juga punya banyak manfaat kesehatan jika dimakan langsung. Kandungan zat pektin-nya dapat mengontrol kadar kolestoral dan meningkatkan kinerja lambung.

2. Menghilangkan bau tidak sedap

Suhu kulkas dijaga dengan ditutup kulkasnya.
Kulit jeruk dapat menghilangkan bau tak sedap pada kulkas. (Foto: Shutterstock)

Kulit jeruk mengandung minyak atsiri atau lebih dikenal dengan istilah populernya sebagai esssential oil. Tak heran jika jeruk sering dijadikan bahan utama dalam parfum, bukan?

Nah, kamu bisa manfaatkan kulit buah berwarna oranye ini untuk menghilangkan bau tak sedap pada kulkas. Caranya, simpan dengan garam di bagian dalam kulkas. Ganti jika sudah terlihat lembap atau kering.

3. Meredakan batuk

Kulit jeruk juga berfungsi sebagai obat herbal. Salah satunya adalah obat pereda batuk. Tapi, tentunya kita tidak harus memakan kulitnya secara langsung. Kita bisa mengolahnya terlebih dahulu.

Caranya, bersihkan terlebih dahulu. Setelah itu, rebus 5 gram kulit jeruk dengan 2 gelas air selama sekitar 10 menit. Tambahkan irisan jahe dan gula merah. Minum selagi hangat.

4. Menjadi bahan pembersih serba guna

Kulit buah berkarakter wangi segar ini bisa disulap jadi pembersih meja dan lantai. Saat ini, pembersih menggunakan bahan alami sedang digalakkan oleh banyak komunitas pencinta lingkungan karena lebih aman.

Rupanya, cara membuatnya cukup mudah! Campurkan kulit jeruk dengan cuka di dalam botol. Kamu juga bisa mencampurkan bahan lain sebagai penambah wangi seperti daun rosemary. Simpan selama dua minggu dan gunakan. Kamu bisa menggunakan cairan alami ini sebagai pembersih lantai dan meja.

5. Menjadi pewangi lemari pakaian

Kamu juga bisa menjadikan kulit jeruk sebagai pewangi atau penyegar lemari pakaian. Tak jarang, pakaian bau apek karena lemari terlalu lembap. Kandungan minyak atsiri pada jeruk dapat membantu mengatasi hal tersebut.

Pembersih serba guna dari bahan alami
Pembersih serba guna dari bahan alami (Foto: Shutterstock)

Caranya cukup simpan kulit jeruk yang segar di satu pojok lemari. Ganti jika sudah mengering. Jumlahnya bisa disesuaikan dengan volume lemari.

6. Dibuat menjadi masker hingga lulur

Kulit jeruk juga terkenal memiliki segudang manfaat untuk kecantikan. Kamu bisa mengolahnya jadi masker hingga lulur.

Caranya, keringkan kulit jeruk terlebih dahulu lalu lumatkan hingga halus. Untuk membuat masker, kamu bisa campurkan kulit jeruk dan susu segar. Untuk lulur, kamu bisa padukan kulit jeruk dengan air mawar dan beberapa bahan alami lainnya seperti tepung beras dan daun kenanga.


Demikian keenam cara memanfaatkan kulit jeruk yang bisa kamu lakukan di rumah. Kini, tak ada lagi alasan membuangnya setelah memakan buahnya.

Sumber Link