Vlogger Kecantikan Korea Abadikan Perjuangan Melawan Kanker di YouTube

Beberapa waktu lalu, vlogger kecantikan asal Korea Selatan bernama Dawn Lee sempat menjadi perbincangan hangat. Banyak orang yang menaruh simpati padanya semenjak ia mengunggah vlog ke YouTube yang menceritakan tentang perjalanannya melawan kanker getah bening.

Perempuan yang bernama asli Lee Jeong Joo ini mulai aktif di YouTube sejak lima tahun lalu. Ia sering membuat makeup tutorial, tips padu-padan busana, dan konten kecantikan lainnya melalui akun YouTube-nya, Saebyeock.

Aktif menjadi salah satu beauty vlogger, Dawn memiliki lebih dari 600 ribu subscriber pada akun YouTube-nya. Ia juga banyak bekerja sama dengan brand kosmetik ternama di Korea.

© Disediakan oleh PT. Dynamo Media Network Dawn Lee, vlogger Korea Selatan yang mengidap kanker getah bening. Foto: dok. Instagram @2dawn_

Namun pada Maret lalu, Dawn mengunggah vlog yang memperlihatkan ia sedang berada di rumah sakit menjalani kemoterapi kanker. Kemoterapi yang dilakukannya membuat daya tahan tubuhnya menurun dan membuat rambutnya rontok hingga akhirnya Dawn memberanikan diri untuk mencukur rambutnya hingga botak agar tidak stres dengan perubahan drastis yang terjadi pada tubuhnya.

Tak hanya itu saja, tubuhnya juga dipasangi alat untuk memasukkan cairan kemoterapi tepat di bawah tulang selangka.

“Saya bekerja sebagai beauty YouTuber sejak lama dan sebenarnya hanya ingin memperlihatkan bagian yang ‘cantik’ dari diri saya. Tetapi dengan membagikan perjalanan kemoterapi ini, saya ingin menularkan semangat kepada mereka yang juga sedang menjalani kemoterapi atau mereka yang anggota keluarganya juga sedang menjalani kemoterapi,” tutur Dawn Lee di video yang diunggahnya.

© Disediakan oleh PT. Dynamo Media Network

Meski memiliki kepala plontos yang dianggap jauh dari definisi cantik, Dawn sama sekali tidak malu menunjukkan diri sebenarnya. Tak jarang ia pergi kencan dengan pacarnya tanpa memakai makeup dan rambut palsu. Beruntung, sang pacar sangat suportif dan menemaninya selama ia melakukan sesi kemoterapi.

Perjuangannya dalam melawan kanker ini menginspirasinya untuk melakukan photoshoot dengan kepala plontos untuk menunjukkan kepada orang-orang bahwa semangatnya dalam melawan kanker tidak akan pernah berhenti. Selain itu, foto ini juga dimaksudkan untuk mendobrak stereotip bahwa perempuan harus memiliki rambut agar terlihat cantik dan memenuhi standar definisi cantik di Korea Selatan.

Foto yang diunggahnya ke akun Instagram itu mendapatkan banyak perhatian dari pada netizen. Dukungan semangat tak berhenti mengalir pada kolom komentar yang membuat Dawn lebih semangat lagi dalam menjalani hidup sebagai pasien penderita kanker.

Dalam video terbaru yang diunggahnya, Dawn telah menjalani tiga sesi kemoterapi sejak Maret lalu. Kini ia merasa kondisi tubuhnya jauh lebih baik meski belum 100 persen sembuh dari kanker getah bening. Dawn juga tetap harus bolak-balik ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan lanjutan meski tidak sesering dulu.

“Ketika saya tahu bahwa video saya memberikan semangat dan energi untuk orang-orang yang juga menderita kanker, saya berharap kondisi saya yang mulai membaik ini bisa memberikan harapan untuk orang-orang di luar sana yang sedang berjuang melawan kanker,” tutup vlogger kecantikan Dawn Lee.

Sumber Link