7 Produsen Ban Mobil Terbesar di Dunia yang Cuannya Sentuh Ratusan Triliun Rupiah

Meningkatnya pertumbuhan industri otomotif di dunia membuat para perusahaan produsen ban mobil terkemuka di dunia pun merasakan dampak yang positif. Gimana gak, jika dilihat dari jumlah keuntungannya bahkan ada yang sampai menyentuh angka Rp 384 triliun lho.

Ban adalah salah satu bagian dari kendaraan yang memegang peranan penting. Sebab kalau gak ada komponen yang satu ini gak mungkin mobil atau motor yang kamu gunakan sehari-hari bisa berjalan mulus di aspal.

Gak cuman untuk kebutuhan sehari-hari masyarakat umum, para produsen ban mobil di dunia juga berlomba menghasilkan produk dengan kualitas nomor wahid guna kebutuhan ajang balap seperti Formula 1 ataupun NASCAR.

© Disediakan oleh PT Loangarage Indonesia MoneySmart Indonesia

Dengan begitu mereka bisa merenggut hati para penonton dari seluruh dunia sehingga banyak orang yang membeli produk-produknya. Otomatis keuntungan pasti bakal masuk ke kantong masing-masing perusahaan.

Dari banyaknya perusahaan ban mobil yang kamu ketahui kira-kira mana aja ya yang mempunyai keuntungan paling besar? Yuk kita langsung lihat ada daftar lengkapnya berikut ini:

7. Hankook Tire  – Rp 86 triliunan

Hankook Tire (Shutterstock).© Disediakan oleh PT Loangarage Indonesia Hankook Tire (Shutterstock).

Mengutip dariMarket Research Reports, datang dari negeri Ginseng Korea Selatan ada produsen ban mobil Hankook Tire.  

Berdiri sejak tahun 1941 Hankook telah berhasil berekspansi ke market mancanegara termasuk di Indonesia. Ada beberapa klub sepakbola dunia yang sempat ia sponsori seperti Real Madrid dan Borussia Dortmund dari Jerman.

Keuntungan yang berhasil perusahaan ini bukukan tercatat mencapai US$ 6,12 miliar atau setara Rp 86 triliun. Menjadikannya duduk di urutan ke 7.

6. Pirelli – Rp 87 triliunan

Pirelli (Shutterstock).© Disediakan oleh PT Loangarage Indonesia Pirelli (Shutterstock).

Berada sedikit di depan Hankook ada produsen Pirelli yang berasal dari kota Milan, Italia. Sebagian dari kamu mungkin udah mengenal merek yang satu ini.

Didirikan pada tahun 1872 perusahaan ini menjadi salah satu yang tertua di dunia dengan umur lebih dari 145 tahun. Dalam ajang balap Formula 1 Pirelli menjadi sponsor utama sekaligus penyuplai satu-satunya buat tim balap.

Lewat pamornya tersebut Pirelli berhasil menduduki posisi keenam dengan keuntungan US$ 6,15 Atau Rp 87 triliunan.

5. Sumitomo Rubber Industries – Rp 96 triliunan

Sumitomo Rubber Industries (Shutterstock).© Disediakan oleh PT Loangarage Indonesia Sumitomo Rubber Industries (Shutterstock).

Selanjutnya di posisi kelima ada Sumitomo Rubber Industries yang berpusat di kota Kobe, Jepang. Kalau kamu gak pernah mendengar namanya gak usah bingung karena mereka yang digunakan di Indonesia adalah Dunlop.

Berumur lebih dari 100 tahun Sumitomo Rubber Industries udah menjejakkan kakinya di industri ban mobil dunia semenjak tahun 1909. Selain Dunlop ada juga produk lainnya yang dijual bernama Falken Tire.

Cuan yang berhasil Sumitomo Rubber Industries catat sekitar US$ 6,81 miliar atau setara Rp 96 triliunan.

4. Continental AG – Rp 185 triliunan

Continental AG (Shutterstock).© Disediakan oleh PT Loangarage Indonesia Continental AG (Shutterstock).

Masuk di posisi keempat ada Continental AG perusahaan ban asal kota Hanover di Jerman. Hampir seumuran dengan Pirelli, produsen yang berumur lebih dari 145 tahun ini mulai beroperasi tahun 1871.

Di Indonesia sendiri pasarnya udah lumayan besar dan di beberapa lokasi di kota besar terdapat bengkel mandiri yang menyiapkan segala keperluan pelanggan.

Continental AG berhasil mencatatkan keuntungan sampai US$ 13,1 miliar atau sebesar Rp 185 triliunan.

3. Goodyear Tire – Rp 216 triliun

Goodyear Tire (Shutterstock).© Disediakan oleh PT Loangarage Indonesia Goodyear Tire (Shutterstock).

Urutan ketiga ada perusahaan ban mobil ternama Goodyear. Produsen ini memiliki kantor pusat di Ohio, Amerika Serikat.

Pengalaman Goodyear di industri karet ini tergolong lama karena udah dimulai dari tahun 1898 lalu. Logo perusahaan mereka yang menggunakan lambang sepatu bersayap bikin orang-orang mudah mengenali brand yang satu ini.

Total keuntungan yang berhasil didapatkan oleh Goodyear Tire mencapai US$ 15,3 miliar atau sama dengan Rp 216 triliunan.

2. Michelin – Rp 359 triliunan

Michelin (Shutterstock).© Disediakan oleh PT Loangarage Indonesia Michelin (Shutterstock).

Kalau yang satu ini pasti kamu udah tahu karena  menjadi salah satu penguasa pasar domestik Indonesia. Maskot orang yang terdiri dari susunan ban menjadi ciri khas yang melekat erat sama perusahaan asal Perancis ini.

Mensponsori kompetisi balap di dunia seperti MotoGP bikin pamornya yang udah tinggi semakin melejit lagi. Michelin sukses mencatatkan keuntungan yang jumlahnya sangat banyak mencapai US$ 25,4 miliar atau Rp 359 triliunan.

1. Bridgestone – Rp 384 triliunan

Bridgestone (Shutterstock).© Disediakan oleh PT Loangarage Indonesia Bridgestone (Shutterstock).

Berada di puncak singgasana perusahaan ban mobil terbesar di dunia ada Bridgestone yang bermarkas di kota Tokyo, Jepang.

Bridgestone dibangun pada tahun 1931 oleh Shojiro Ishibashi seorang pebisnis sukses yang telah meninggal pada tahun 1976 lalu.  Total keuntungan yang berhasil diraup oleh produsen ini mencapai US$ 27,2 miliar atau sekitar Rp 384 miliar.

Nah itulah 7 produsen ban mobil terbesar di dunia yang perlu kamu ketahui. Beberapa perusahaan dalam negeri sebetulnya udah ada yang berhasil berkancah di mancanegara seperti Gajah Tunggal dan Corsa. Hanya aja keuntungannya masih belum sebanyak daftar di atas tersebut nih. Semoga bisa cepat menyusul ya! (Editor: Winda Destiana Putri).

Sumber Link