Barcelona Terjerat Utang 14,3 Triliun Rupiah Usai Datangkan Griezmann – Gilabola.com

Gilabola.com – Barcelona terjerat utang 800 Juta Poundsterling atau 14,3 triliun Rupiah setelah datangkan Antoine Griezmann dari Atletico Madrid.

Untuk Griezmann, raksasa Catalan itu memang telah menegosiasikan klausul rilis sebesar 717 juta Pounds (12,8 triliun Rupiah) dalam kontrak pemain asal Prancis tersebut. Sementara untuk datangkannya, Barca memicu klausul pelepasannya dari Atletico yang sebesar 107 juta Pounds atau 1,9 triliun Rupiah.

Jumlah utang yang menggunung ini tentunya meninggalkan tanda tanya besar terkait kesepakatan sebesar 200 juta Pounds untuk bintang PSG, Neymar. Barcelona memang menerima dana dalam jumlah besar terkait kesepakatan hak siar mereka di televisi Spanyol, yang selama ini memang didominasi mereka dan Real Madrid, yang mendapat hak siar jauh lebih besar dibandingkan tim-tim lain di Spanyol.

Bakal Lepas Messi?

Tapi, Barca tentunya harus menjual beberapa pemainnya untuk membayar utang sebesar itu. Dua nama pertama yang siap dijual ke klub lain, adalah dua pemain sayap; Ousmane Dembele dan Malcom. Dembele saat ini diincar Bayern Munchen, sedangkan Malcom diinginkan Arsenal.

Selain itu, Philippe Coutinho juga dikabarkan akan pindah, dan Barca akan mendesak klub peminat agar bayarkan sebagian besar dana sebesar 145 juta Pounds yang mereka gelontorkan kepada Liverpool untuk dapatkan pemain itu pada 2018 lalu. Sejauh ini, bintang Timnas Brasil itu disebut-sebut ingin – bisa jadi akan, kembali ke klub lamanya di Anfield.

Blaugrana juga akan berjuang untuk dapatkan biaya transfer yang substansial untuk tiga bintangnya, yakni Lionel Messi, Luis Suarez dan Gerard Pique. Dua di antara ketiga pemain itu akan berusia 32 tahun pada awal tahun depan, sehingga faktor usia bisa membuat biaya jual yang cukup besar bisa dinegosiasikan.

Tak Punya Uang Usai Kalah di Liga Champions

Jawara La Liga tersebut sudah kehilangan banyak uang setelah mereka gagal mencapai final Liga Champions musim lalu, walau sempat unggul 3-0 di leg pertama semi-final melawan Liverpool. Lalu, Barcelona menghabiskan dana hingga 538 juta Pounds (8,6 triliun Rupiah) untuk memodernisasi stadion Camp Nou, yang baru akan selesai pada 2023 mendatang.

Data yang terungkap di Spanyol menyebutkan, utang bruto El Barca adalah sebesar 888 juta Euro atau 14,27 triliun Rupiah pada 30 Juni lalu. Terdiri dari utang jangka panjang sebesar 189 juta Euro (3,04 triliun Rupiah) dan jangka pendek 492 juta Euro (7,9 triliun Rupiah). Demikian diungkapkan situs Cule yang dilansir SunSport.

Peminjaman pemain dan investasi membawa angka itu turun menjadi 505 juta Euro (8,11 triliun Rupiah) sebagai utang bersih.

Para ahli percaya, Blaugrana harus dapatkan 180 juta Pounds (2,89 triliun Rupiah) untuk mengurangi utang bersih mereka menjadi 270 juta Pounds (4,33 triliun Rupiah). Yang lebih mengkhawatirkan, Barca masih berutang 83 juta Pounds (1,3 triliun Rupiah) pada Liverpool terkait kesepakatan Coutinho.

Sumber Link