Ronny F Sompie: Negara Tidak Menolak Kepulangan Habib Rizieq Shihab – Tribunnews Bogor

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Lingga Arvian Nugroho

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, TANAH SAREAL – Dalam perundang-undangan, negara tidak memiliki kewenangan untuk melarang atau menolak Warga Negara Indonesia (WNI) yang masih sah kewarganegaraannya untuk kembali ke tanah air.

Hal yang sama juga berlaku untuk Habib Rizieq Shihab yang saat ini masih berada di Arab Saudi.

Saat ditanya apakah Habib Rizieq Shihab bisa kembali ke tanah air, Dirjen Imigrasi Kemenkumham, Ronny Franky Sompie mengatakan bahwa setiap WNI bisa pulang ke Indonesia selama kewarganegaraannya masih sah.

“Kalau kepulangan WNI itu menurut undang-undang no 6 tahun 2011 tentang keimigrasian tidak Ada warga Indonesia yang masih sah warga negaranya itu di tolak untuk kembali ke negaranya dan itu sudah prinsip internasional,”katanya usai menghadiri peletakan batu pertama pembangunan Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Bogor, Kamis (18/7/2019).

Sementara itu terkait Paspor yang dimiliki oleh Habib Rizieq Shihab, Ronny mengatakan bahwa paspor tersebut masih berlaku.

Namun Ronny tidak mengetahui pasti kapan masa berlaku paspor tersebut.

“Sementara masih berlaku, paspornya masih berlaku, Nah ini (masa berlaku paspor Habib Rizieq Shihab) yang saya belum tau, nanti kita cek dulu karena itu ada di sistem, kita tau seluruh paspor yang diproduksi di Indonesia oleh imigrasi pasti terdaftar di sistem kita bisa cek disitem,” katanya.

Ronny menjelaskan bahwa setiap Paspor milik WNI hanya berlaku selam lima tahun.

Setelah itu pemilik paspor harus melakukan perpanjangan paspor.

“Pasport yang dimiliki WNI yang berada di luar negeri dia tentu berlaku sepanjang masa berlakuknya, lima tahun, jadi kalau memang sudah habis masa berlakunya pasti kita tarik kalau dia tidak memeperpanjang,” katanya.

Berita Selengkapnya