PM Jepang Hadapi Situasi Sulit Terkait Koalisi Maritim Internasional

PM Jepang Shinzo Abe kemungkinan menghadapi tantangan diplomatik keras setelah munculnya permohonan dari AS untk mengirim sejumlah tentara angkatan lautnya untuk bergabung dalam koalisi militer internasional yang bertugas mengamankan perairan strategis dekat Iran dan Yaman.

Seorang juru bicara pemerintah Jepang mengatakan, sejumlah pejabat Jepang akan menghadiri pengarahan di Washington terkait proposal itu. Media-media setempat menyebutkan, proposal itu kemungkinan juga akan masuk dalam agenda pembicaraan sewaktu Penasehat Keamanan Nasional AS, John Bolton berkunjung ke Tokyo pekan depan.

Keputusan untuk bergabung dalam koalisi itu kemungkinan akan membakar perpecahan di kalangan masyarakat Jepang. Militer Jepang tidak pernah berperang di luar negeri sejak Perang Dunia kedua.

Koalisi Abe diperkirakan akan memenangkan mayoritas solid dalam pemilu majelis tinggi, Minggu, namun para legislator dari partai yang berkuasa menghindar untuk membahas pengiriman misi maritim ke luar negeri selama kampanye.

Presiden AS Donald Trump mengecam kebijakan luar negeri Jepang untuk tidak mengirim militernya ke luar negeri. Trump menganggap kebijakan itu tidak adil bagi masyarakat internasional. Menolak permohonan AS untuk bergabung dalam koalisi maritim akan memperburuk ketidakpuasan Trump. [ab/uh]

Sumber Link