BTS Dikecam Kelompok HAM

Kelompok Boy Band Korea Selatan BTS dikecam karena berencana tampil di Arab Saudi.

Kelompok musik asal Korea Selatan BTS baru-baru ini mengumumkan rencana untuk manggung di Stadion Internasional Raja Fahd, sebagai bagian dari tur “Love Yourself: Speak Yourself.”

Namun rupanya, sejumlah penggemar BTS merasa kecewa. Karena catatan HAM buruk Arab Saudi, mereka mengusulkan agar BTS memikirkan kembali rencana mereka tampil di sana. Sejumlah penggemarnya bahkan mengatakan, karena catatan buruk Saudi terkait hak perempuan dan masyarakat LGBT, rencana manggung BTS bertentangan dengan misi turnya yang diberi judul “Love Yourself.”

Belum jelas apa reaksi BTS, namun bukan pertama kali musisi ternama dikecam karena berencana manggung di Saudi. Nicki Minaj belum lama ini membatalkan rencana tampilnya di “Jeddah World Festival” setelah dikecam besar-besaran para aktivis HAM. “Human Rights Foundation” meminta Minaj membatalkan rencana tampilnya karena catatan buruk Saudi dalam perlakuan terhadap perempuan dan kelompok-kelompok minoritas.

Nicky Minaj setuju. Dalam sebuah pernyataannya di media sosial, Minaj mengatakan, “Saya yakin penting bagi saya untuk menunjukkan dukungan yang jelas bagi hak-hak perempuan, masyarakat LGBTQ, dan kebebasan untuk mengungkapkan pendapat.” [mg/ab]

Sumber: Entertainment Weekly

Sumber Link